Baru-baru ini di kalangan perkeretaapian Indonesia sedang terjadi euforia yang
disebabkanoleh kedatangan jenis lokomotif baru yaitu CC 206 yang mana 6 unit
pertamanya diproduksi di pabrik General Electric yang berlokasi di Pennsylvania,
Amerika Serikat.
Jenis lokomotif diesel elektrik terbaru milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ini
memiliki 2bogie dengan konfigurasi UIC Co' Co' yaitu 3 as roda untuk setiap bogie.
Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama
adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti
halnya lokomotif listrik seri EF di Jepang, yang mana lokomotif buatan GE
sebelumnya hanya memiliki satu kabin masinis di ujung depan.
Berikut ini salah satu dokumentasi dari seorang penggemar KA:
1. Panjang : 19.000 mm (19 m)
2. Massa : 85 ton
3. Jenis mesin : GE 7FDL-8 dengan ECU
4. Keluaran daya mesin : 2.165 HP
5. Jenis alternator : 5GTA11H1
6. Jenis motor traksi : 5GE671A22
7. Jenis auxiliary generator : 5GY27L2
8. Pengendali : Brightstar CCA
9. Kapasitas tangki : 3.000 liter
10. Diameter roda : 914 mm
11. Gaya tarik maksimum : 124 kN
12. Gaya tarik kontinu : 206 kN
13. Kode pabrikan : CM20-EMP
14. Sistem transmisi daya : AC-DC
Unit pertama yang belum lama ini didatangkan melalui pelabuhan Tanjung Priok dan
dibawadengan trailer menuju Balai Yasa Pengok Yogyakarta adalah CC 20601
(CC 206 13 01).
Lokomotif ini dirancang sebagai lokomotif multifungsi yang dapat digunakan sebagai
penarik rangkaian kereta api penumpang maupun barang seperti halnya CC 300.
Demikianlah informasi yang dapat penulis berikan saat ini, semoga bermanfaat.
Sumber dokumentasi : Priyo Kereta Api & portal semboyan35.com
Tambahan :
Jumlah unit pertama yang didatangkan ke pulau Jawa adalah sebanyak 6 unit, yang
memiliki nomor seri CC 20601 (CC 206 13 01) sampai CC 20606 (CC 206 13 06).
disebabkanoleh kedatangan jenis lokomotif baru yaitu CC 206 yang mana 6 unit
pertamanya diproduksi di pabrik General Electric yang berlokasi di Pennsylvania,
Amerika Serikat.
Jenis lokomotif diesel elektrik terbaru milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ini
memiliki 2bogie dengan konfigurasi UIC Co' Co' yaitu 3 as roda untuk setiap bogie.
Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama
adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti
halnya lokomotif listrik seri EF di Jepang, yang mana lokomotif buatan GE
sebelumnya hanya memiliki satu kabin masinis di ujung depan.
Berikut ini salah satu dokumentasi dari seorang penggemar KA:
2. Massa : 85 ton
3. Jenis mesin : GE 7FDL-8 dengan ECU
4. Keluaran daya mesin : 2.165 HP
5. Jenis alternator : 5GTA11H1
6. Jenis motor traksi : 5GE671A22
7. Jenis auxiliary generator : 5GY27L2
8. Pengendali : Brightstar CCA
9. Kapasitas tangki : 3.000 liter
10. Diameter roda : 914 mm
11. Gaya tarik maksimum : 124 kN
12. Gaya tarik kontinu : 206 kN
13. Kode pabrikan : CM20-EMP
14. Sistem transmisi daya : AC-DC
Unit pertama yang belum lama ini didatangkan melalui pelabuhan Tanjung Priok dan
dibawadengan trailer menuju Balai Yasa Pengok Yogyakarta adalah CC 20601
(CC 206 13 01).
Lokomotif ini dirancang sebagai lokomotif multifungsi yang dapat digunakan sebagai
penarik rangkaian kereta api penumpang maupun barang seperti halnya CC 300.
Demikianlah informasi yang dapat penulis berikan saat ini, semoga bermanfaat.
Sumber dokumentasi : Priyo Kereta Api & portal semboyan35.com
Tambahan :
Jumlah unit pertama yang didatangkan ke pulau Jawa adalah sebanyak 6 unit, yang
memiliki nomor seri CC 20601 (CC 206 13 01) sampai CC 20606 (CC 206 13 06).
Sumber : http://charleskkb.blogspot.com/2013/01/selamat-datang-cc-206-cc-206.html#ixzz2L7UWEAEo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar